Sabtu, 08 Februari 2014

Info Kos Sekitar ITB Ganesha


Bagi kebanyakan mahasiswa yang berasal dari luar Kota Bandung, mencari tempat tinggal baru adalah sesuatu yang sangat penting untuk dicermati. Jika tak punya sanak saudara yang tinggal di kota ini, tinggal di tempat kost merupakan pilihan yang umum. Berikut ulasan wilayah kost di sekitar ITB yang biasa ditinggali mahasiswa
Cisitu
Cisitu merupakan salah satu tempat kost favorit di sekitar ITB. Kost perempuan dan laki-laki jumlahnya seimbang, beberapa kost menyediakan kost laki-laki dan perempuan. Harga kost didaerah ini berkisar antara Rp 450.000,- hingga Rp 2.000.000,- per bulan. Fasilitas yang ditawarkan oleh kost di daerah ini sangat beragam, keberagaman ini disesuaikan dengan besaran harga yang harus dibayar tentunya. Fasilitas kost di daerah ini, mulai yang hanya disediakan tempat tidur dan lemari, sampai dengan kost yang ber-TV, air panas, dan dapur bersama. Ada pula variasi kost dengan kamar mandi dalam, dan ada pula yang berkamar mandi di luar, letak kamar mandi juga berpengaruh kepada harga kost. Akses menuju ITB hanya butuh sekali angkot Ungu-Hijau untuk masuk melalui gerbang SBM atau gerbang Matematika, jika ditempuh dengan berjalan kaki bisa sekitar 10-15 menit. Sayangnya angkutan umum yang menuju daerah ini hanya tersedia hingga pukul 9 malam. Selebihnya, mahasiswa ITB harus jalan kaki untuk pulang ke rumah kost.
Dago Asri
Dago Asri berlokasi sedikit lebih ke atas dari Cisitu. Di daerah ini jumlah kost laki-laki dan perempuan seimbang dengan penjagaan yang ketat dari petugas keamanan perumahan. Harga kost di daerah ini lebih dari Rp 1000.000,- dengan fasilitas high-class yang cukup beragam mulai dari TV kabel, air panas, dan internet. Beberapa kost juga menyediakan jasa laundry.
Kanayakan Lama
Daerah ini sebagian besar merupakan kost putri, kost putra sulit ditemui di sini. Kisaran harganya lebih dari Rp 1.000.000,- dengan fasilitas yang terbilang lengkap. Daerah ini banyak dipilih oleh mahasiswa perempuan, karena daerah ini termasuk daerah yang aman.
Kanayakan Baru
Di daerah ini, harganya lebih variatif, mulai dari Rp500.000,- sampai lebih dari Rp 1.000.000,- dengan fasilitas yang bervariasi sesuai dengan harga yang diberikan. Karena daerah ini hampir sebagian besar digunakan untuk kost putri, peraturan di daerah ini agak ketat. Banyak yang memberlakukan jam malam sehingga tidak direkomendasikan bagi perempuan yang sering pulang malam. Namun sisi positif dengan diadakannya aturan jam malam, mahasiswa perempuan menjadi merasa lebih aman untuk bertempat tinggal di daerah ini.
Dago Atas
Salah satu hal yang terlintas dalam benak mahasiswa mengenai daerah ini adalah suhunya yang terbilang dingin, terutama disaat pagi subuh. Daerah yang terletak disekitar Dago Tea House ini terbilang mahal untuk kantong mahasiswa, dengan kebanyakan harga kos disekitar lebih dari satu juta. Untuk warung makan dan minimarket berada di sekitar jalan utama Dago sehingga perlu dipertimbangkan jarak antara tempat kost dengan jalan utama.
Plesiran
Pelesiran merupakan salahsatu tempat favorit mahasiswa ITB untuk bertempat tinggal. Alasan pertama, karena jarak Pelesiran cukup dekat, sekitar 10 menit jika ditempuh dengan berjalan kaki dan 5 menit jika ditempuh dengan angkot. Kedua, daerah pelesiran juga terhitung aman dan nyaman, sehingga kondusif untuk belajar. Ketiga, banyak pedagang yang berjualan di sepanjang jalan, yang artinya di pelesiran tak akan susah mencari makanan bahkan saat malam. Akses internet di daerah Pelesiran pun mudah, dan pelesiran dekat dengan pusat perbelanjaan (waralaba dan pusat belanja Balubur). Daerah kost di Plesiran umumnya menawarkan tempat tinggal dengan paket sewa per tahun. Untuk kost di sepanjang jalan besar Plesiran ditawarkan dengan harga sekitar 4,5 s/d 7 juta per tahun, dengan kualitas fasilitas kost yang cukup baik. Fasilitas yang ditawarkan diantaranya, kamar yang cukup luas, kebebasan membawa barang elektronik, bebas bayar listrik dan air, akses internet, kamar mandi di dalam, fasilitas cuci gratis, parkiran, dan adanya fasilitas keamanan, seperti adanya aturan jam malam, jam berkunjung tamu (biasanya untuk kost wanita). Ada pula kost yang masuk ke dalam gang-gang kecil di sepanjang jalan Plesiran. Kisaran harga sewa kost di daerah ini sekitar 4 s/d 6 juta per tahun. Kost di gang kecil ini memiliki kamar yang luasnya kecil, dan sebagian besar kamar mandi di luar kamar.
Kebon Bibit
Daerah kost yang paling dekat dari gerbang depan ITB. Kisaran harga sewanya adalah sekitar 3,5 s/d 6 juta per tahun. Fasilitas yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan kost yang berada di gang – gang plesiran. Jika teman – teman mahasiswa 2013 telah mengenal jalan – jalan kecil disini dengan baik, maka teman – teman akan menemukan jalan tembus menuju Plesiran, dan jalan tembus menuju Ciwalk Mall.
Tubagus Ismail
Karakteristik kost di daerah Tubagus Ismail dibedakan atas jalan Tubagus Ismail itu sendiri. Karakteristik kost yang berada di sebelah Utara jalan utama adalah kost high-class dengan harga yang cukup tinggi dan fasilitas yang cukup lengkap. Selain itu, daerah ini merupakan daerah yang cukup elite, menyerupai daerah perumahan, dengan jalan – jalan yang besar. Kisaran harga sewanya lebih dari 1 juta rupiah. Sedangkan karakteristik kost yang berada di sebelah Selatan jalan utama adalah kost dengan harga terjangkau dan fasilitas yang cukup untuk mahasiswa. Kisaran harga sewa di daerah ini sekitar Rp 500.000,00 s/d Rp 1.000.000,00. Daerah sebelah selatan jalan Tubagus ini, termasuk daerah Ciheulang dengan gang – gang kecil yang cukup rumit untuk orang awam di Bandung. Namun, sebenarnya gang – gang itu dapat tembus hingga Dipati Ukur.
Selain daerah-daerah ini sebenarnya masih ada lagi daerah lain, contohnya Cigadung, yang sekarang mulai banyak dipertimbangkan sebagai daerah kost. Lalu ada juga daerah Sulanjana ke bawah. Setiap kawasan kost mempunyai karateristiknya masing-masing. Mahasiswa dapat menyesuaikan dengan kebutuhannya. Misal, pencari kost yang membawa mobil, mungkin memilih untuk tidak memprioritaskan daerah yang sempit seperti Ciheulang, Plesiran, dan Sekeloa. Pencari kost yang mengutamakan eksklusivitas bisa memprioritaskan pencarian di daerah Dago Asri dan Tubagus Ismail. Jika lebih ingin mencari kost dengan gedung baru, bisa mencari di daerah Kanayakan. Tentunya selera dan kebutuhan kembali kepada pribadi masing-masing. Sehingga didapat lah tempat tinggal yang nyaman, aman, sehat dan sesuai. (Ihsan/
AEL)

8 komentar:

  1. Masihkah ada kost putri ditepi jalan di daerah plesiran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih. Baiknya langsung survei ke lokasi saja karena di plesiran banyak kos-kosan baru juga.

      Hapus
  2. Kosan sekitaran kampus itb yg harganya dibawah 500an ribu ada kah??

    BalasHapus
  3. Kosan sekitaran kampus itb yg harganya dibawah 500an ribu ada kah??

    BalasHapus
  4. Mohon info kost khusus putri di pelesiran

    BalasHapus
  5. Mohon info kost khusus putri yang dekat jl. Ganeca (kampus management ITB) karena tidak bisa jalan jauh,ada masalah kaki.. trims

    BalasHapus
  6. Mohon info kost khusus putri yang dekat jl. Ganeca (kampus management ITB) karena tidak bisa jalan jauh,ada masalah kaki.. trims

    BalasHapus